Faktor yang mempengaruhi proses pendidikan di daerah terpencil

18 May

- Transportasi

Menjalankan proses pendidikan di daerah terpencil mungkin akan menjadi sulit baik bagi para staff guru maupun murid, dikarenakan susahnya akses menuju sekolah. Ada beberapa daerah yang bila mau ke sekolah maka para siswanya harus menyeberangi danau atau sungai terlebih dahulu, dan tidak ada kendaraan yang memfasilitasi kebutuhan transportasi tersebut. Atau letak sekolah yang sangat terpencil sehingga tidak banyak orang yang tahu jalan menuju ke sana.

- Tenaga guru

Saat ini sulit mencari guru yang dengan sukarela mau mengajar di sekolah-sekolah di daerah terpencil. Masalah utamanya adalah gaji yang jelas akan jauh lebih rendah bila deibandingkan dengan mengajar di kota-kota besar. Faktor lainnya adalah tempat tinggal, untuk mengajar di daerah terpencil, sang guru harus berangkat pagi-pagi dari rumahnya atau cara terbaik adalah tinggal di daerah itu juga. Hal ini jarang diminati oleh para guru, karena prosesnya akan mempersulit kahidupan mereka tentunya.

- Keterbatasan materi penduduk daerah

Penduduk daerah terpencil biasanya telah membiasakan anak-anak mereka untuk bekerja sejak usia dini, untuk membantu pekerjaan orang tuanya. Hal ini dikarenakan keterbatasan materi yang mereka miliki, atau dengan kata lain karena perekonomian keluarga di daerah yang sangat terbatas. Maka akan sulit menyarankan atau membujuk para orang tua di daerah terpencil untuk menyekolahkan anak-anaknya. Pertama, bila mereka memutuskan untuk menyekolahkan anak mereka, maka mereka akan harus menyiapkan uang untuk membayar biaya sekolah, padahal untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja sudah susah, lalu bila anak mereka sekolah, maka jumlah orang yang mencari nafkah dalam suatu keluarga akan berkurang, dan menyebabkan pendapatan mereka dalam sehari pun menjadi kurang.

- Peralatan dan perlengkapan sekolah

Pemerintah biasanya luput akan pendistribusian peralatan dan perlengkapan sekolah di daerah-daerah terpencil, sehingga sekolah-sekolah di daerah terpencil sangat sedikit, dan biasanya kondisinya pun sudah memprihatinkan. Anak-anak yang bersekolah di daerah terpencil harus rela belajar dengan fasilitas yang sangat minim dan keadaan yang tidak kondusif untuk belajar. Misalnya saja, papan tulis yang digunakan masih blackboard yang masih menggunakan kapur. Itu pun dengan keadaan papan yang sudah rusak atau persediaan kapur yang sangat terbatas. Sekolah-sekolah ini biasanya belum memiliki perpustakaan, lab beserta peralatannya, dan fasilitas lain yang seharusnya dimiliki oleh sebuah sekolah. Kamar mandinya pun dalam keadaan yang sangat memprihatinkan. Siswa jarang ada yang memiliki buku dan  alat tulis. Kondisi sepertri ini sebenarnya tidaklah layak untuk proses belajar-mengajar.

- Pendistribusian buku-buku pelajaran

Pendistribusian buku-buku pelajaran yang sulit juga menyebabkan buku pelajaran yang dimilki suatu sekolah terbatas, sehingga menyebabkan para siswanya harus saling berbagi dalam menggunakan buku pelajrannya. Hal ini tentu menyulitkan mereka untuk belajar dengan lebih maksimal.

Latar BelakangTerbitnya UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, merupakan harapan bagi peningkatan mutu pendidikan tanah air. Mutu pendidikan tersebut, dirasakan mengalami penurunan, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu di antaranya adalah guru, meskipun banyak faktor yang menyebabkan merosotnya mutu pendidikan, namun guru dapat dikatakan merupakan salah satu faktor penentu dan berinteraksi langsung dengan peserta didik dalam proses pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, memerlukan komitmen yang kuat dari berbagai pihak, salah satunya yaitu adanya kebijakan kesetaraan pendidikan bagi guru dan menjadikan jabatan guru sebagai jabatan profesional.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: