Advertisements

Pengantar Sistem Digital

18 May

a. Sistem Digital

Sistem digital adalah suatu sistem yang melakukan semua pengolahan / pengoperasian maupun penyimpanannya  dilakukan dalam binary digit.

b. BCD

Binary coded decimal adalah sistem pengkodean bilangan desimal yang metodenya mirip dengan bilangan biner biasa; hanya saja dalam proses konversi, setiap simbol dari bilangan desimal dikonversi satu per satu, bukan secara keseluruhan seperti konversi bilangan desimal ke biner biasa. Hal ini lebih bertujuan untuk “menyeimbangkan” antara kurang fasihnya manusia pada umumnya untuk melakukan proses konversi dari desimal ke biner -dan- keterbatasan komputer yang hanya bisa mengolah bilangan biner.

c. Gerbang NAND merupakan gerbang universal

Gerbang NAND merupakan gerbang universal berarti gerbang NAND dapat menggantikan fungsi gerbang-gerbang logika yang lainnya dengan cara memanipulasi / mengkombinasi gerbang NAND dengan gerbang lainnya.

d. Datapath

Datapath adalah kumpulan dari beberapa memory sementara dan functional unit, seperti Arithmatic and logic unit (ALU) dan shift unit, yang melakukan operasi pemrosesan data.

e. Control Unit

Control unit adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan / kendali / control terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) yang ada di dalam CPU tersebut. Output dari Control Unit akanmengatur aktivitas di bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: