Advertisements

Konsep Pengembangan Seni Islam

3 Jun

Ajaran Islam secara tidak langsung telah memberi inspirasi yang kuat bagi tumbuhnya berbagai bentuk karya seni dalam kehidupan manusia dan masyarakat. Sejak masa Rasulullah SAW, karya seni tidaklah bisa dipisahkan dari sejarah perkembangan Islam. Oleh karena itu, dalam pandangan Prof. Dr. H. Ali Abdurrahman, hubungan seni dan Islam adalah hubungan yang tidak dapat dipisahkan.

Seni sebagai salah satu bentuk kebesaran Allah SWT, menciptakan keadaan yang bernama keindahan. Setiap bangsa dan negara mempunyai bentuk atau aliran seni yang bermacam-macam bergantung kepada kebudayaan atau kebiasaan penduduk setempat yang mungkin pula dipengaruhi oleh kebudayaan yang masuk dari luar daerah ataupun bangsa tersebut.

Seni adalah sebagai salah satu bentuk hiburan masyarakat atau penduduk pada suatu tempat, juga sebagai pelembut rasa seseorang kepada orang lain. Islam dalam hal ini memperbolehkan kita mencintai seni asalkan tidak mengalahkan rasa cinta kita kepada Allah SWT. Seni yang didasarkan pada nilai-nilai Islam, yakni agama dan ketuhanan inilah yang menjadi pembeda antara seni Islam dengan ragam seni yang lain. Seni yang Islami adalah seni yang menggambarkan wujud dengan bahasa yang indah serta sesuai dengan fitrah manusia. Kesenian Islam membawa manusia kepada pertemuan yang sempurna antara keindahan dan kebenaran.

Dari berbagai uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa konsep pengembangan seni Islam adalah satu, yakni Islam memberikan kebebasan sepenuhnya asalkan sesuai dengan prinsip seni Islam, yakni harus mendidik, menghibur, memberikan ilmu dan kesadaran pada diri umat Islam sehingga akan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta yang paling penting harus didasari oleh keikhlasan dengan tujuan untuk beribadah kepada Allah SWT.

 

Daftar Pustaka :

NN. 2001. Seni Menurut Pandangan Islam. http://kbi.gemari.or.id/beritadetail.php?id=1592.

Imran, Ahda. 2010. Seni Itu Bagian dari Islam. http://bataviase.co.id/node/155472.

Alif. 2008. Seni dalam Islam. http://alifmagz.com/wp/2008/09/12/seni-dalam-islam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: