Advertisements

KPU sebagai Lembaga Penyelenggara Pemilu

6 Jun

Banyak orang bertanya-tanya tentang apa sebenarnya peran KPU dalam Pemilu yang tidak sengaja mengakibatkan begitu banyak kericuhan karena kasus permasalahan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Untuk menjawab pemicu tersebut, Harian Umum Pelita memberikan penjelasan mengenai peran dan tugas KPU dalam Pemilu.

Menurut pasal 1 ayat (6) Undang-Undang Nomor 22 tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah lembaga penyelenggara Pemilu yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri.

KPU bersifat independen sebagaimana termaktub dalam Pasal 3 ayat (3) Undang-Undang Nomor 22 tahun 2007, yang berbunyi, “Dalam menyelenggarakan Pemilu, KPU bebas dari pengaruh pihak manapun berkaitan dengan tugas dan wewenangnya.” KPU memiliki tugas untuk menyelenggarakan Pemilu, yakni Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden, serta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). KPU bertugas menyelenggarakan Pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Dalam menjalankan tugasnya, KPU juga dibantu oleh Panitia Pengawas Pemilu sebagai tim teknis untuk mengawasi semua tahapan penyelenggaraan pemilu, menerima laporan pelanggaran peraturan perundang-undangan pemilu, menyelesaikan sengketa yang timbul dalam penyelenggaraan pemilu, dan meneruskan temuan dan laporan yang tidak dapat diselesaikan kepada instansi yang berwenang. Dan sebagai sebuah lembaga, menurut pasal 39 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2007, KPU memilki tanggung jawab dalam hal keuangan, yakni menggunakan dan membelanjakan dana yang diberikan pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu, KPU juga bertanggung jawab dalam hal penyelenggaraan seluruh tahapan Pemilu serta memberikan laporan kepada Dewan Perwakilan Rakyat dan Presiden atas kinerjanya sebagai lembaga penyelenggara Pemilu.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah lembaga yang memiliki peranan sangat penting untuk mewujudkan Pemilu yang lancar serta langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat juga harus ikut membantu mewujudkan hal tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: