Advertisements

Tentang Basis Data

16 Jun

Jelaskan manfaat dari penggunaan basisdata.

a. Dapat menghindari adanya redundancy atau duplikasi data, yang merupakan  salah satu penyebab terjadinya inkonsistensi data.
b. Menyediakan interface untuk multiuser, sehingga suatu basis data dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan.
c. Pengguna dapat menyimpan, mengubah, maupun menampilkan data yang diinginkan secara mudah dan cepat.
d. Pada sistem basis data, dapat ditambahkan aturan keamanan sehingga dapat membatasi akses user terhadap basis data tersebut.
e. Memudahkan pengguna dalam melakukan backup dan recovery data.

Jelaskan masalah-masalah yang dapat ditemui jika tidak  menggunakan basisdata.

a. Mungkin terjadi duplikasi data yang menyebabkan banyak space (memori)  komputer yang terbuang sia-sia untuk menyimpan data yang sama. Selain itu, juga dapat menyebabkan terjadi inkonsistensi data, yaitu saat data yang sama diubah hanya pada satu tempat saja sedangkan di tempat lainnya tidak diubah.
b. Sulitnya menganalisa keterhubungan data atau memperoleh data yang saling berkaitan karena memerlukan pekerjaan/proses tambahan dalam memahami keterkaitan antar data yang disimpan.
c. Tidak adanya format baku dalam penyimpanan data sehingga menyebabkan data tersimpan tanpa adanya format yang sama. Hal ini dapat menyebabkan sulitnya dalam mengolah data.
d. Membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pencarian data karena data kurang terstruktur.
e.  Sulitnya untuk berbagi data karena setiap program atau aplikasi memiliki keterbatasan dalam mengakses data dari program atau aplikasi lainnya.

Jelaskan bagaimana kedudukan pengembangan basisdata dalam pengembangan sistem informasi secara keseluruhan.

Saat ini basis data sangat diperlukan untuk pengembangan informasi. Pengembangan basis data itu sendiri harus dilakukan sejalan dengan pengembangan sistem informasi. Hal ini ditujukan agar sistem informasi yang dirancang dan diproyeksikan dapat menghasilkan sebuah sistem yang secara keseluruhan bekerja dengan semua aspek/tahapan yang membangunnya. Pengembangan basis data itu sangat menunjang pengembangan sistem informasi karena basis data adalah salah satu komponen penting dalam sistem informasi yang merupakan dasar dalam penyediaan informasi. Selain itu dengan basis data kita dapat menentukan kualitas informasi dengan cepat, akurat, tepat pada waktunya dan relevan.

Tidak hanya itu, keamanan sistem informasi terletak pada keamanan sistem basis datanya karena salah satu aspek yang terpenting dalam keamanan sistem informasi adalah proteksi terhadap pengaksesan dan perusakan data oleh pemakai yang tidak berwenang.

Jelaskan dan bandingkan fitur-fitur yang terdapat pada DBMS Oracle, PostGree SQL, dan SQL Server.

Oracle merupakan DBMS yang dikembangkan oleh Oracle Corporation. DBMS ini pertama kali disebarluaskan pada November 1979. Saat ini, versi stabil yang terbaru adalah versi 11g Release 2, yang diluncurkan pada September 2009. Oracle merupakan perangkat lunak berbayar.

PostgreSQL merupakan DBMS yang dikembangkan oleh PostgreSQl Global Development Group. Versi pertama disebarluaskan pada Juni 1989. Versi stabil yang terbaru adalah versi 9.0.3, yang diluncurkan pada 31 Januari 2011. PostgreSQL merupakan perangkat lunak tidak berbayar dan open source.

Microsoft SQL Server merupakan DBMS yang dikembangkan oleh Microsoft. DBMS ini hanya dapat digunakan di atas sistem operasi Windows. Versi pertama disebarluaskan pada 1989. Versi stabil yang terbaru adalah versi 10.5, yang diluncurkan pada tahun 2008. Seperti produk Microsoft lainnya, Microsoft SQL Server juga merupakan perangkat lunak berbayar.

oracle postgre sql server

perbandingan oracle postgre sql server

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: