Advertisements

Internet Marketing untuk Kesejahteraan Masyarakat yang Lebih Baik

5 Oct

Kesejahteraan adalah aspek yang paling penting untuk menentukan kualitas hidup manusia secara keseluruhan. Krisis ekonomi yang terjadi di masyarakat sampai saat ini telah membuat beberapa lapisan masyarakat hidup jauh dari kondisi sejahtera. Semakin sulitnya mencari pekerjaan dan semakin banyaknya korban PHK membuat jumlah pengangguran semakin bertambah. Kondisi ini semakin diperparah dengan semakin rendahnya tingkat pendidikan dikarenakan kemiskinan yang melanda masyarakat

Sampai saat ini, berbagai hal telah dilakukan pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat, di antaranya dengan memberikan pelatihan keterampilan serta menyiapkan modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha, tentunya dengan bunga yang tidak terlalu besar. Namun demikian, masih saja hal-hal tersebut dirasa belum cukup untuk mengurangi angka kemiskinan yang ada, dan hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya masyarakat yang tergolong tidak mampu dan hidup dalam kondisi yang memprihatinkan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut diperlukan sebuah metode usaha baru di bidang baru, seperti teknologi informasi.

Perkembangan teknologi informasi (TI) yang begitu pesat dewasa ini memberikan banyak kemudahan pada berbagai aspek kegiatan bisnis (Cushing,1993; Murdick.et.al,1997; Mc.Leod.R.J,1997; Grace,2000; Nur Indriantoro,2000; Baridwan, 2000 dalam Halim, 2000; Hall,2001). Peranan TI dalam berbagai aspek kegiatan bisnis dapat dipahami karena sebagai sebuah teknologi yang menitikberatkan pada pengaturan sistem informasi dengan penggunaan komputer, TI dapat memenuhi kebutuhan informasi dunia bisnis dengan sangat cepat, tepat waktu, relevan, dan akurat (Wilkinson dan Cerullo,1997).

Menurut Mc. Farlan (1983); Rockart (1998) dalam Nur Indriantoro (2000); dan Syam (1999), penerapan TI bagi perusahaan mempunyai peranan penting dan dapat menjadi pusat strategi bisnis untuk memperoleh keunggulan bersaing. Selanjutnya, Downing (1993);Trisnawati (1998);Syam (1999) juga menyebutkan bahwa saat ini TI sudah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap perusahaan terutama dalam menjalankan segala aspek aktifitas organisasi. De Lone (1981); Morgan (1996) dalam Syam (1999); Martin dan Merle.P (1995), menyatakan bahwa penggunaan TI bagi suatu perusahaan ditentukan oleh banyak faktor, salah satu diantaranya adalah karakteristik pengguna TI.

Penerapan TI dalam dunia bisnis banyak sekali macamnya, dan salah satu di antaranya yang sedang booming saat ini adalah internet marketing. Sebagai suatu sarana bisnis baru, internet marketing memiliki daya tarik dan kelebihan tersendiri dibandingkan bisnis lainnya. Dan pada akhirnya diharapkan bisnis ini dapat menjadi metode baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Internet marketing adalah suatu cara pemasaran produk, baik berupa barang maupun jasa, secara online atau menggunakan fasilitas internet sebagai medianya. Berbeda dengan metode pemasaran konvensional yang mengharuskan terjadinya tatap muka antara penjual dan pembeli, internet marketing memanfaatkan kecanggihan dunia maya untuk melakukan transaksi di dalamnya. Pemasaran melalui internet pun tidak terbatas oleh ruang dan waktu seperti halnya pemasaran konvensional, semua kegiatan dapat dilakukan 7 hari dalam seminggu, 24 jam dalam sehari dengan ruang lingkup yang luas, sesuai perkembangan dan penyebaran internet yang begitu pesat hampir di setiap belahan dunia.

Menurut Jethro Jiang dkk. (2008), tidak seperti bisnis lainnya di mana dibutuhkan modal yang besar dan risiko yang tinggi untuk mendapatkan kesuksesan dan kesejahteraan, internet marketing menawarkan risiko yang kecil, keuntungan yang besar, dan kebebasan waktu untuk mencapai semua itu.

Kelebihan Internet Marketing adalah biaya pemasaran online yang cenderung lebih murah jika dilihat dari perbandingan antara biaya dengan audien tertarget.

Pengiklan dapat menjangkau target market yang luas (area, nasional, bahkan internasional) dengan biaya lebih kecil dibanding periklanan tradisional. Selain itu, sifat media internet juga memungkinkan konsumen untuk membandingkan terlebih dahulu sebelum membeli produk dan konsumen dapat membeli produk atau jasa dengan nyaman dari rumah mereka sendiri. Oleh karena itu, kesempatan untuk menarik konsumen melalui internet marketing dapat membawa hasil dengan cepat.

Internet marketer juga bisa mengukur statistik dengan mudah dan murah. Hampir semua aspek pemasaran promosi internet dapat ditelusuri, diukur, dan diuji. Iklan dapat menggunakan berbagai metode: membayar per tampil (Pay Per Impression) atau membayar per klik (Pay Per Click). Oleh karena itu, internet marketer dapat menentukan iklan/pesan atau yang paling cocok dan menguntungkan terhadap target market tertentu.

Hasil dari kampanye dapat diukur dan dilacak segera (terutama pada iklan jenis Pay Per Click), karena iklan anda yang di-klik biasanya direkam, disimpan, dan bisa ditampilkan sebagai statistik, apakah seseorang meng-klik, mengunjungi situs web, dan melakukan tindakan yang ditargetkan (membeli). Sementara periklanan secara tradisional seperti melalui iklan koran, seseorang mungkin tertarik pada iklan kita, kemudian memutuskan untuk memperoleh informasi lebih lanjut di kemudian hari tapi kita tidak tahu secara persis apa yang terjadi, kita hanya bisa mengira-ngira saja.

Sebagai suatu sistem yang memiliki banyak kelebihan, internet marketing juga memiliki kekurangan, yakni dari sisi pembeli, konsumen di internet tidak dapat menyentuh, mencium, merasakan atau mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian. Oleh karena itu garansi atau jaminan menjadi sangat penting dan merupakan standar dalam menjalankan bisnis internet marketing.

Keamanan informasi adalah penting untuk perusahaan dan konsumen yang terlibat dalam bisnis online. Banyak konsumen yang ragu-ragu untuk membeli barang melalui Internet karena mereka tidak percaya bahwa informasi pribadi mereka akan tetap menjadi rahasia. Enkripsi adalah metode dasar untuk melaksanakan kebijakan privasi.Ada beberapa kasus mengenai perusahaan yang melakukan bisnis online telah tertangkap menjual informasi tentang pelanggan mereka.

Namun, sekarang biasanya sebuah situs web memberikan jaminan, mengklaim bahwa informasi yang pelanggan masukkan (opt-in) akan tetap menjadi rahasia. Selain itu, mereka juga biasanya memberikan pilihan agar anda dapat menghapus informasi anda dari database mereka, atau disebut opt-out.

Namun, banyak pelanggan tidak menyadari jika dan ketika mereka telah melakukan opt-in, dan tidak dapat menghentikan informasi yang biasanya masuk ke email. Oleh karena itu biasanya sebuah website memiliki link “Privacy Policy” biasanya berada di bagian bawah website supaya bisa dibaca konsumen bagaimana tentang sistem keamanan privasinya.

Isu keamanan lainnya yaitu kepercayaan antara konsumen dengan penjual tentang apakah konsumen akan menerima apa yang mereka beli. Pedagang online telah berusaha untuk isu ini dengan membangun kepercayaan terhadap konsumen. Amazon.com, eBay, Overstock.com adalah website-website yang telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat internet dunia. Upaya untuk menjamin konsumen bahwa transaksi mereka akan bebas dari masalah juga dilakukan terutama dalam mekanisme pembayaran online. PayPal adalah salah satu alat transaksi online yang sudah dipercaya di dunia internet.

Mengingat jumlah pengguna internet yang selalu bertambah dengan pesat setiap tahunnya, internet marketing merupakan model pemasaran yang sangat menjanjikan. Dilihat dari berbagai sisi, internet marketing memiki banyak kelebihan dibandingkan dengan bisnis konvensional lainnya. Kelebihan-kelebihan tersebut meliputi tingkat kompetisi yang relatif rendah, kebebasan waktu atau time freedom, dan modal yang lebih sedikit. Tingkat kompetisi yang rendah disebabkan oleh perspektif masyarakat banyak yang masih awam atau belum paham tentang pemasaran produk lewat media internet. Untuk kebebasan waktu, didapat dari internet yang tidak mengikat, merupakan sistem yang autopilot sehingga memudahkan bekerja di manapun dan kapanpun. Selain itu, modal yang dibutuhkan dalam internet marketing juga tidak terlalu besar dan risiko yang mungkin dihasilkan tidaklah terlalu tinggi melihat banyak hal-hal yang harus dipersiapkan untuk membangun bisnis konvensional tidak diperlukan dalam pemasaran di dunia maya ini.

Menurut Anne Ahira, internet marketing memiliki peluang yang bagus untuk menggantikan pekerjaan-pekerjaan yang sudah ada yang semakin sulit untuk mendapatkannya. Hal tersebut didasarkan oleh alasan, yakni semakin hari pengguna internet semakin banyak. Ini berarti “pasar” di internet semakin hari semakin tidak terbatas, tidak ada “krisis global” di dunia internet marketing. Yang terjadi adalah kebalikan, peluang usaha semakin banyak, dan bertambah setiap hari. Internet Marketing atau bisnis online cukup dijalankan di rumah saja, tidak kena macet, apalagi hujan-hujanan. Saat Anda paham betul dan menguasai ilmu internet Mmarketing, Anda bisa menjual apa saja, dan ke mana saja semau Anda… sesuka hati! Di jaman sekarang, dan apalagi tahun-tahun mendatang, orang yang mampu menyatukan ilmu dengan teknologi adalah mereka yang akan tampil sebagai pemenang. Mereka akan semakin maju dan semakin kaya!

Seiring dengan semakin besarnya pangsa pasar dan meningkatnya kebutuhan pemasaran, internet marketing memiliki beberapa bentuk yang tentu saja disertai strategi kesuksesan tersendiri. Bentuk-bentuk tersebut meliputi penjualan produk buatan sendiri dan orang lain melalui toko online serta pembuatan blog dan portal untuk meletakkan iklan produk. Dan setiap bentuk ini sebenarnya saling terkait sehingga dapat dengan mudah menghasilkan penjualan produk berupa barang ataupun jasa.

Rosie (2010), berpendapat bahwa sama seperti pemasaran konvensional, aktifitas yang di lakukan pada internet marketing pada umumnya meliputi hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek (calon pembeli/pelanggan), serta penulisan kalimat-kalimat pemasaran (copywriting). Adapun tehnik-tehnik yang umumnya di gunakan pada internet marketing meliputi pembuatan website/blog (Web development), promosi melalui banner di website milik orang lain (Banner/Link exchange), promosi melalui optimalisasi mesin pencari informasi (search engine optimization SEO), promosi melalui e-mail (email advertising), pemasaran melalui sistim afiliasi (affiliate marketing), serta iklan interaktif (interactive advertising).

Internet marketing memiliki berbagi contoh bentuk, seperti Anne Ahira (www.asianbrain.com) menjual informasi berupa ebook (buku elektronik), audio dan video tentang Internet Marketing dimana pembeli bisa membaca informasi-informasi yang berhubungan dengan Internet Marketing. Cara penjualannya yaitu dengan sistem membership (keanggotaan), dimana setiap member AsianBrain dapat masuk ke sebuah ruang website yang didalamnya bisa diakses informasi-informasi tersebut. Selain itu, Mina (www.toyandsport.com) menjual produk berupa mainan anak-anak melalui internet. Mina membangun sebuah website (toko online) lalu memasarkan dan mengiklankan mainan-mainan nya itu melalui internet, termasuk transaksi juga melalui internet. Jika ada yang memesan maka Mina akan mengirim pesanannya melalui jasa pos.

Dari berbagai uraian di atas, sepertinya internet marketing merupakan lahan bisnis potensial yang dapat dikembangkan dalam masyarakat sebagai salah satu cara untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan angka kesejahteraan. Melihat internet marketing sebagai suatu metode bisnis tidak memerlukan biaya yang besar untuk memulainya, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, dan ditambah lagi dengan bertambah dengan pesatnya pengguna internet di dunia. Hasil yang diharapkan adalah kita dapat mengetahui bahwa internet marketing juga bisa menjadi peluang baru untuk menyejahterakan masyarakat sehingga dapat digunakan untuk mengurangi angka kemiskinan yang kian bertambah belakangan ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: