Advertisements

Alat Pernapasan pada Manusia

6 Feb

sistem pernapasan manusia

Manusia tidak bisa hidup tanpa oksigen. Lalu bagaimana oksigen tersebut masuk dan mencukupi kebutuhan tubuh akan oksigen? Yupp, semuanya terjadi melalui sistem pernapasan.

Bernapas seringkali disamakan dengan respirasi, namun sebenarnya edua istilah tersebut berbeda. Bernapas merupakan proses memasukkan udara dari lungungan luar ke dalam tubuh dan mengeluaran udara sisa dari dalam tubuh ke lingkungan. Berbeda dengan bernapas, respirasi merupakan proses pembakaran senyawa organik (bahan makanan) di dalam sel sehingga menghasilkan energi yang kemudian digunakan dalam segala aktifitas tubuh. Nah, walaupun kedua istilah tersebut berbeda, kedua proses tersebut berhubungan. Ya, setelah proses pernapasan, akan terjadi proses respirasi. Nah, sebelumnya, yuk kita lihat organ-organ apa saja yang berperan dalam pernapasan.

Struktur dan Fungsi Alat Penapasan pada Manusia

Hidung

Merupakan organ pertama yang dilalui udara. Saat berada dalam rongga hidung, udara yang berasal dari lingkungan akan disaring oleh rambut-rambut hidung. Kotoran yang tertinggal di rongga hidung kemudian akan dilapisi oleh selaput lendir. Seperti itulah proses terentuknya kotoran hidup :p. selaput lendir juga memiliki fungsi lainnya, yaitu menghangatkan dan mengatur kelembaban udara yang akan masuk ke dalam tubuh.

Faring (hulu tenggorokkan)

Di dekat faring terdapat bagian yang disebut anak tekak. Anak tekak ini merupakan katup rongga hidup yang berfungsi menutup rongga hidup ketika kita sedang menelan makanan, namun akan membuka ketika kita bernapas. Makanya, kalo kita makan sebaiknya kita tidak bicara, karena dengan berbicara, anak tekak akan terbuka dan menyebabkan ia tersedak.

Laring (pangal tenggorokan)

Tersusun oleh kepingan tulang rawan. Laring ditutup oleh katup yang disebut epiglotis. Jika udara menuju tenggorokan, anak tekak akan melipat ke bawah dan bertemu dengan epiglotis, dan membuka jalan udara ke tenggorokkan. Sebaliknya, ketika bernapas, epiglotis akan membuka.

Pada laring ini pula terletak pita suara yang akan bergetar ketika kita bicara. Selan itu, laring juga membentuk jakun yang tersusun atas tulang lidah, katup tulang rawan, perisai tulang rawan, piala tulang rawan, dan gelang tulang rawan.

Trakea (batang tenggorokan)

Tersusun atas gelang-gelang tulang rawan. Dindingnya dilapisi selaput lendir dan sel yang memiliki rambut getar. Rambut getar berfungsi menolak debu. Ya, ketika kita batuk atau bersin, berarti ada ‘benda asing’ pada tenggorokkan. Dengan batuk atau bersin, ‘benda asing’ tersebut akan dikeluarkan. Inilah bentuk pertahanan diri pertama kita terhadap penyakit lho :D. karena hal tersebut pula, kalo bensin atau batuk, mulutnya ditutup yaa, ga mau jadi penyebar penyakit kan? Hehe …

Cabang Batang Tenggorokan (Bronkus)

Trakea bercabang menjadi 2, yaitu bronkus sebelah kanan dan kiri. Pada kedua bronkus terdapat saluran yang menuju paru-paru. Di dalam paru-paru, bronkus sebelah kanan bercabang menjadi 3 bronkeolus, sedangkan bronus kiri bercabang menjadi 2 bronkiolus. Masing-masing bronkiolus bercabang-cabang lagi menjadi pembuluh yang halus. Cabang terhalus masuk ke gelembung paru-paru yang disebut alveolus. Di alveolus inilah terjadi pertukaean  udara dan oksigen berdifusi ke dalam darah.

Paru-paru (pulmo)

Terdiri atas 2 bagian, yaitu paru-paru kanan dan kiri, paru-paru kanan memiliki 3 gelambir yang berukuran lebih besar dibandingkan paru-paru kiri. Hal tersebut disebabkan selain paru-paru, di rongga dada sebelah kiri juga terdapat jantung.

Dibungus oleh selaput yang disebut pleura.

Terdapat gelembung halus kecil yang disebut alveolus. Dinding alveolus mengandung kapiler darah sehingga di alveolus inilah terjadi pertukaran udara dan difusi oksigen ke darah, tepatnya oksigen diikat oleh hemoglobin dalam sel darah merah dan membentuk oksihemoglobin (HbO2). Setelah sampai di sel tubuh tujuan, oksigen aan dilepaskan dan digunakan dalam proses metabolisme.

Berbeda dengan oksigen, karbon dioksida yang telah berada di alveolus akan disalurkan menuju hidung dan dikeluarkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: