Advertisements

Critique a research article related to Computer Science

28 May
Judul Online trade poses a threat to biosecurity in New Zealand
Authors J. G. B. Derraik(1) dan S. Phillips(2)
Institusi (1) Institute of Natural Sciences, Massey University, Selandia Baru

(2) MAF Biosecurity Selandia Baru

Sumber ProQuest Jurnal Online (http://search.proquest.com/docview/197372303/1329E478F4A1D7D6247/1?accountid=38628)

Jurnal ini merupakan jurnal tentang adanya ancaman yang ditimbulkan oleh perdagangan online pada biosekuritas (pengamanan makhluk hidup), terutama di Selandia Baru. Pada jurnal ini, author mendeskripsikan berbagai isu yang perlu disoroti tentang pentingnya permasalahan ini untuk diangkat dan didiskusikan, serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasinya. Hal ini dilakukan agar ke depannya permasalahan ini cepat mendapatkan perhatian dan penanganan khusus dari pihak-pihak yang terkait, serta meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat dalam membantu mengatasi hal tersebut.

Dalam jurnal ini author memberikan gambaran tentang penyalahgunaan fungsi dari internet, seperti perdagangan online yang sangat memungkinkan terbukanya pintu untuk melakukan kegiatan-kegiatan ilegal, seperti perdagangan satwa liar. Dan untuk di Selandia Baru, ancaman pada biosekuritas yang terjadi dikarenakan oleh pengimporan flora dan fauna yang tidak diinginkan melalui perdagangan gelap, yang menimbulkan berbagai masalah serius pada lingkungan, seperti ditemukannya bakteri dan parasit berbahaya dari fauna impor yang dapat mengancam reptil endemik. Selain itu, ancaman yang ada juga meliputi semakin langkanya satwa-satwa yang dilindungi karena bebasnya perdagangan gelap melalui media internet dan timbulnya berbagai macam penyakit karena beberapa satwa yang diimpor merupakan hospes perantara dari sejumlah parasit berbahaya bagi manusia.

Secara keseluruhan jurnal ini sudah berhasil menyampaikan kepada pembaca tentang betapa pentingnya masalah ini untuk mendapatkan perhatian dan bagaimana langkah-langkah pencegahannya dapat dilakukan. Pemilihan judul pada jurnal ini sudah dilakukan dengan baik, mewakili isi dari jurnal, tidak menggunakan akronim dan kata kerja, tetapi penggunaan huruf besar dan kecil pada judul kurang diperhatikan sehingga judul terlihat hanya seperti tulisan biasa yang tidak memiliki nilai lebih, seharusnya judul diubah menjadi “Online Trade Poses a Threat to Biosecurity in New Zealand”. Dari segi penulisan, jurnal ini sudah sangat baik, misalnya abstrak yang dibuat tidak mengandung tabel ataupun acuan ke referensi dan menjelaskan isi serta kesimpulan jurnal dengan jelas. Selanjutnya dari segi penggunaan kata sudah cukup baik, kekurangan yang ada terlihat dari penggunaan tanda baca yang kurang baik sehingga menyulitkan pemahaman oleh pembaca, seperti terlihat pada paragraf kedua kalimat kedua pada Introduction, yang seharusnya dapat ditambahkan tanda koma (,) menjadi “In the report Killing with Keystrokes(,) the International Fund for Animal Welfare (IFAW 2008) reveals the internet trade of numerous species protected by the Convention on International Trade in Endangered Species (CITES).”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: