Advertisements

Perbedaan Audit Sektor Privat dan Audit Sektor Publik

15 May

Kali ini saya akan membahas mengenai jenis profesi auditor. Profesi auditor dibagi menjadi dua sektor, yaitu audit sektor privat dan audit sektor publik. Perbedaannya adalah sebagai berikut.

Audit Sektor Privat

žAudit sektor privat (internal audit) merupakan suatu unit di perusahaan yang menjalankan fungsi audit terhadap kinerja perusahaan. Pelaksana audit sektor privat adalah KAP (Kantor Akuntan Publik). Objek auditnya adalah perusahaan atau entitas swasta. Kepatuhan terhadap perundang-undangannya tidak terlalu dominan. Standar Profesi Internal Auditor (SPIA) merupakan ketentuan yang harus dipenuhi untuk menjaga kualitas kinerja internal auditor dan hasil audit. Standar audit sangat menekankan kualitas profesional auditor serta cara auditor mengambil pertimbangan dan keputusan sewaktu melakukan pemeriksaan dan pelaporan.

Audit Sektor Publik

Audit sektor pemerintah (publik) adalah kegiatan yang ditujukan terhadap entitas yang menyediakan pelayanan dan penyeediaan barang yang pembiayaannya berasal dari penerimaan pajak dan penerimaan negara lainnya. Pelaksana audit sektor publik adalah lembaga pemerintah dan KAP yang ditunjuk. Objek auditnya adalah entitas, program, kegiatan, dan fungsi yang terkait dengan pelaksanaan tanggung jawab keuangan negara. Standar auditnya adalah Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN). Kepatuhan terhadap perundang-undangan merupakan faktor dominan karena kegiatan sektor publik sangat terkait dengan perundang-udangan.

 

Sekian pembahasan saya mengenai audit sektor privat dan audit sektor publik. Semoga dapat dipahami. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: