Advertisements

Pengertian dan Macam-macam Simbiosis

21 May

Halo semua 🙂

Di post kali ini, saya akan membahas mengenai simbiosis. Simbiosis adalah interaksi atau hubungan antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lain di mana mereka hidup berdampingan. Simbiosis terbagi menjadi 3 jenis. yaitu:

1. Simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara kedua makhluk hidup di mana kedua makhluk hidup ini mendapatkan keuntungan. Contohnya:

– Hubungan antara burung jalak dan kerbau

Burung jalak menempel di tubuh kerbau dan memakan kutu-kutu yang ada di tubuh kerbau. Oleh karena itu, burung jalak mendapatkan keuntungan berupa makanan dan kerbau diuntungkan juga karena kutu-kutu yang mengganggu di tubuhnya dimakan oleh burung jalak.

– Ganggang hijau biru dan jamur

Simbiosis antara ganggang hijau biru dan jamur membentuk lumut kerak.

2. Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah interaksi antara kedua makhluk hidup di mana satu makhluk hidup mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup lainnya tidak dirugikan. Misalnya:

– Hubungan antara ikan badut dan anemon laut

Ikan badut bersembunyi di anemon laut bila ia terancam akan dimakan oleh mangsanya. Ikan badut tidak akan hidup lama jika ia tidak berlindung di anemon laut. Dalam hal ini, ikan badut mendapatkan keuntungan berupa perlindungan, tapi anemon laut tidak merasa dirugikan akan kehadiran ikan badut.

– Hubungan antara daun sirih dan inangnya

Tumbuhan daun sirih adalah tumbuhan yang merambat. Tumbuhan ini akan merambat ke tumbuhan lain (inang). Tumbuhan sirih mendapat keuntungan karena menumpang hidup di inangnya, sedangkan inangnya tidak dirugikan karena tumbuhan daun sirih tidak mengambil makanan dari inangnya.

3. Simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah interaksi antara kedua makhluk hidup di mana satu makhluk hidup mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup lain mendapatkan kerugian. Contohnya:

– Hubungan antara kepala dan kutu rambut

Kutu rambut menghisap darah dari kepala manusia. Akibatnya, manusia mengalami gatal-gatal dan kulit kepala menjadi rusak karena menjadi tempat hidup kutu rambut. Kutu kepala mendapatkan keuntungan berupa makanan. Di sisi lain, manusia dirugikan karena kutu rambut mengambil makanan dari darah manusia.

– Hubungan antara tumbuhan tali putri dan inangnya

Tumbuhan tali putri yang tumbuhnya merambat menumpang hidup di inangnya. Tumbuhan ini mengambil makanan yang sudah difotosintesis tumbuhan inangnya. Oleh karena itu, tali putri mendapatkan keuntungan berupa makanan, sedangkan tumbuhan inangnya akan cepat mati karena makanannya selalu diserap oleh tali putri.

Sekian pembahasan kali ini. Semoga dapat dimengerti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: