Advertisements

Perbandingan Teori Evolusi

19 Feb

Teori Evolusi Lamarck vs Teori Evolusi Darwin

lamarck

Isi teori evolusi Lamarck:

  1. Use and disuse

Bagian tubuh yang digunakan secara intensif untuk menghadapi suatu lingkungan tertentu menjadi besar dan kuat, sedangkan bagian yang jarang digunakan akan mengalami reduksi

  1. sifat atau ciri dari lingkungan diwariskan ke lingkungannya

Teori Evolusi Jerapah Berleher Panjang

Lamarck => ek moyang jerapah sebenarnya berleher pendek -> menjulurkan kepalanya untuk mencapai daun-daun pada cabang yang tinggi -> leher jerapah jadi panjang -> diwariskan pada keturunannya.

Darwin => nenek moyang jerapah adanya berleher panjang, ada yang berleher pendek -> karena makanan jerapah adalah daun-daun di pohon yang tinggi, maka jerapah berleher panjang dapat menjangkaunya, sedangkan yang berleher pendek tidak dapat menjangkaunya -> jerapah berleher pendek terseleksi, mati.

 

Teori Evolusi Weismann vs Teori Evolusi Darwin

Weismann berpendapat perubahan sel tubuh karena pengaruh lingkungan tidak diwariskan. Sehingga sifat leher panjang atau pendek jerapah dikendalikan oleh gen. Gen leher panjang jerapah bersifat dominan, sedangkan gen leher pendek resesif. Karena jerapah berleher pende tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan, maka jerapah akan punah.

 

Teori Evolusi Lamarck vs Teori Evolusi Weismann

Lamark berpendapat makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya melalui perubahan pada organ tubuhnya -> diwariskan kepda turunannya.

Weisman berpendapat perubahan sel-sel tubuh tidak diwariskan pada keturunanya.

=> Teori Tanduk Menjangan

Lamarck mengatakan nenek moyang mnejangan tidak bertanduk, namun karena sering mengadu kepala, maka tumbuhlah tanduk.

Weismann membuktikan eorinya dengan mengawinkan 2 ekor tikus yang ekornya telah dipotong. Anaknya yang sudah dewasa dipotong ekornya dan dikawinkan lagi. Hasilnya, anak-anak tikus tetap berekor, bahkan hingga generasi ke-21.

Banyak teori boleh saja memaparkan bahwa evolusi itu ada? Namun  teman-teman percaya ga sih kalo teori itu sebenarnya ada?

Well, percaya ga percaya, ini dia kenyataan yang menunjukkan bahwa evolusi itu ada:

  1. variasi di antara individu-individu dari suatu keturunan

dua individu, walaupun kembar identik sekalipun, memilliki perbedaan. Nah, antar inidividu dalam satu spesies pasti banyak banget ya variasi? Seleksi yang terjadi bertahun-tahun juga meneyebabkan varian yang ada saat ini sanat berbeda dengan varian yang ada dengan nenek moyangnya.

  1. fosil di berbagai lapisan bumi

fosil yang ditemukan jarang ditemukan dalam keadaan lengkap. Hal tersebut dsebabkan terjadinya lipatan batuan bumi; pengaruh air, angn, dan bakteri pembusuk; hewan pemakan bangkai; jenis organisme; dan keadaan lingkungan yang tidak memungkinkan.

  1. homologi organ-organ pada makhluk hidup

homologi merupakan peristiwa dimana organ tubuh yang memiliki bentuk dan fungsi beda, namun memiliki bentuk yang sama. Hal tersebut terlihat pada alat gerak pada manusia, burung, kelelawar, buaya, dan  salamander.

  1. embriologi perbandingan

hal tersebut terlihat dari perkembangan embrio semua vertebrata yang hampir sama, yaitu dari tahap pembelahannya, morfogenesis, hingga diferensiasi awal.

embrio

  1. perbandingan fisiologi

walaupun jumlah sel dan morfologi setelah dewasa berbeda-beda, namun fisiologi di dalamnya mirip, yaitu sama-sama mellaukan metabolisme, respirasi, dan sintesis protein.

  1. sisa alat-alat tubuh

sisa alat tubuh yang simaksud ini merupakan alat tubuh yang tidak digunakan lagi, namun masih terdapat pada tubuh. Kalo pada manusi, ada:

        7. umbai cacing

8. selaput mata pada sudut mata sebelah dalam

9. otot penggerak telinga

10. tulang ekor

11. gigi taring yang runcing

12. rambut dada

13. buah dada pada laki-laki

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: