Advertisements

Risiko Audit

13 May

Ini merupakan risiko bahwa auditor akan menyimpulkan bahwa laporan keuangan disajikan secara wajar dan opini wajar tanpa pengecualian dapat dikeluarkan ketika dalam kenyataannya entitas tersebut mengalami salah saji material. Risiko audit ada 4 macam:

1. Inherent Risk

Inherent risk adalah risiko terjadinya salah saji material dalam laporan keuangan karena tidak adanya kontrol internal di dalam suatu entitas. Misalnya tidak ada pemisahan tugas antara orang yang mengirimkan barang dan orang yang menerima barang. Maka salah saji secara material sangat mungkin terjadi karena bisa saja orang tersebut melakukan fraud.

2. Control Risk 

Control risk adalah risiko terjadinya salah saji material dalam laporan keuangan yang tidak dapat dicegah secara tepat waktu dengan kontrol internal.

3. Acceptable Audit Risk

Acceptable audit risk adalah risiko yang harus diterima oleh auditor karena laporan keuangan masih mengandung salah saji material setelah audit dilakukan.

4. Planned Detection Risk

Planned detection risk adalah risiko akibat auditor tidak dapat mendeteksi salah saji material yang terdapat dalam suatu asersi karena kesalahan penentuan prosedur audit atau menerapkan secara keliru prosedur yang semestinya, atau menafsirkan secara keliru hasil audit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: